Rabu, 03 Februari 2010

Pelatihan Pemerintahan Desa

7 KECAMATAN IKUT PELATIHAN
Peningkatan Kapasitas Kinerja Pemdes Oleh LP3MD

Kesulitan harus memulai dari mana dan bagaimana cara membuat Perdes dan mengisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa ( APBDes ), kata-kata yang selalu terdengar dari banyak Pemerintahan Desa yang selalu kesulitan ketika harus membuat APBDes beserta Perdesnya yang merupakan salah satu syarat pencairan ADD, dimana hal ini disebabkan SDM dari Pemerintahan Desa yang minim ( khusunya Kades atau BPD yang baru ) dan bagi Desa-Desa yang kurang aktif untuk mengkonsultasikan masalah tersebut serta masih minimnya pelatihan tentang pembuatan Perdes APBDes.

Dari hal tersebut di atas LP3MD Kabupaten Sambas mencoba untuk mencari solusi membantu Pemerintahan Desa dalam pembuatan Perdes APBDes, bersama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas mengadakan Pelatihan Pembuatan Perdes APBDes di Kecamatan Sambas yang di ikuti oleh semua desa dari tiga Kecamatan ( Sambas, Sebawi Sajad ) dan dua perwakilan kecamatan ( Tlk. Keramat dan Subah ) selanjutnya pelatihan diberikan untuk khusus untuk BPD ( 5 Kecamatan ), kegiatan di buka oleh Plt. Kabag Tapem serta mendapat pengarahan dari Bapak Bupati Sambas, setelah itu LP3MD mengadakan kegiatan di Kecamatan Tebas di Desa Sejiram diikuti oleh delapan Desa yang diwakili oleh Kades dan Sekdes kemudian pelatihan diadakan Kecamatan Selakau yang di ikuti oleh semua Desa ( 9 Desa ) yang di ikuti oleh Kades, Sekdes dan BPD. Pada kesempatan tersebut Bapak Camat Selakau juga hadir dan memberikan pengarahan.

Dari kegiatan pelatihan tersebut LP3MD Kabupaten Sambas  berharap Desa-Desa yang sudah mengikuti pelatihan dapat merealisaikannya dalam penyusunan dan pembuatan Perdes APBDes dan LP3MD akan tetap siap membantu Desa yang masih mengalami kesulitan dalam pembuatan Perdes APBDes serta pelatihan yang sama dapat diikuti oleh kecamatan lain dengan memanfaatkan dana yang ada dialokasi di ADD.
Pengarahan oleh BUPATI Sambas

 

 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar